banner image

Tempat Wisata Pantai di Tasikmalaya

Tempat Wisata Pantai di Tasikmalaya - Tasikmalaya adalah salah satu wilayah besar di Provinsi Jawa Barat. Setelah dilakukan otonami wilayah Tasikmalaya terbagi 2 bagian, yaitu Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya. Jika dalam artikel ini kami menyebut Tasikmalaya berarti yang kami maksud adalah mencakup kedua wilayah tersebut.
Tasikmalaya memiliki pontensi pariwisata cukup banyak, potensi pariwisata tersebut meliputi: wisata laut, wisata pegunungan, wisata goa, wisata danau, dan wisata religi (Wisata religi adalah tempat yang biasa digunakan untuk jiarah).

Yang akan kami bahas untuk kesempatan kali ini adalah tempat wisata pantai di Tasikmalaya. Ada beberapa pantai di Tasikmalaya yang layak untuk dikunjungi. Bagi anda yang sedang melakukan perjalanan ke Tasikmalaya sangat disarankan untuk mengunjungi wisata pantai Tasikmalaya berikut ini. Hampir seluruh lokasi objek wisata pantai di Tasikmalaya berada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Berikut ini detail informasi mengenai tempat wisata pantai di Tasikmalaya.

Tempat Wisata Pantai di Tasikmalaya

Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Pantai Cipatujah adalah salah satu pantai yang menjadi favorit para pelancong yang datang ke Tasikmalaya, termasuk penduduk asli Tasikmalaya sering berkunjung ke Pantai Cipatujah untuk berekreasi. Pada tahun 2006 pantai ini sempat porak-poranda diterjang badai tsunami, tetapi sekarang pantai ini telah dibenahi dan dilakukan penambahan fasilitas pendukung untuk memanjakan pengunjung.

Fasilitas rekreasi mulai banyak dibangun di Pantai Cipatujah, seperti penginapan, tempat duduk, wahana bermain dan lain-lain. Dengan keindahan pantai dan dukungan fasilitas rekreasi membuat pantai Cipatujah layak untuk dikunjungi.

Lokasi Pantai Cipatujah
Objek wisata pantai Cipatujah berada di lokasi Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah.
Arah ke pantai Cipatujah: Dari pusat kota Tasikmalaya berjarak kurang lebih 74km ke arah Selatan.
Koordinat : 7°44,859'S 108°0,634'E
Fasilitas: Penginapan, Warung, Panggung Hiburan, Pondok Wisata, Gazebo, Balawisata, Tempat Parkir

Foto Pantai Cipatujah Tasikmalaya
Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Pantai Sindangkerta Tasikmalaya

Pantai Sindangkerta adalah salah satu wisata bahari yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya. Pantai Sindangkerta memiliki pesona alam yang sangat mumukau, pantainya yang landai serta hamparan pasir putih menyajikan keindahan tersendiri bagi objek wisata bahari Tasikmalaya ini. Selain keindahan pantai, terdapat pula taman laut yang begitu mengesankan dan merupakan tempat tinggal bagi habitat penyu bertelur.

Para pengunjung pantai Sindangkerta dapat menyaksikan penyu secara langsung yang terdapat di tempat penangkaran penyu. Pengunjung dipersilahkan untuk mengikuti lomba melepas penyu yang kerap diselenggarakan oleh balai penangkaran penyu. Di taman laut anda juga bisa menyaksikan beraneka macam jenis ikan hias termasuk penyu hijau yang langka. Ketika air laut sedang surut, pantai ini dapat digunakan untuk berenang oleh pengunjung.

Lokasi Pantai Sindangkerta Tasikmalaya
Objek Wisata Paintai Sindangkerta berada di Desa Sindangkerta Kecamatan Cipatujah
Koordinat: 7°46,043'S 108°4,463'E
Arah ke pantai Sindangkerta kurang lebih 4km dari pantai Cipatujah

Foto Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta Tasikmalaya

Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya

Pantai Karang Tawulan merupakan salah satu objek wisata kebanggaan Kabupaten Tasikmalaya. Dimana di sini pengunjung dapat menikmati hamparan bentuk-bentuk pulau berupa karang mini yang begitu eksotis diantara gelombang pantai. Pantai Karang Tawulan masih sangat terjaga alamnya.

Keunggulan dari objek wisata ini adalah keindahan alam yang khas menyerupai pantai Lot Bali. Hamparan bebatuan karang diantara deburan ombak menghadirkan keindahan yang khas. Selain itu terdapat beberapa lokasi yang bisa dijadikan tempat untuk berenang bagi sejumlah pengunjung yang datang ke pantai ini.

Lokasi Pantai Karang Tawulan
Lokasi: Desa Kalapagenep, Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya
Arah: 90km dari Kota Tasikmalaya, dan jika dari Pangandaran membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Foto Pantai Karang Tawulan
Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya

Pantai Pamayangsari

Pantai Pamayangsari adalah merupakan salah satu tempat wisata bahari di kabupaten Tasikmalaya. Pamayangsari memiliki pantai yang landai yang menyajikan panorama pesisir pantai yang khas. Pantai Pamayangsari berbatasan langsung dengan tempat konservasi penyu hijau yang langka di wilayah pantai Sindangkerta.

Pertama kali yang terlihat di pantai ini adalah perahu perahu nelayan. Pantai ini diminati oleh para wisatawan yang hendak mencicipi hidangan laut segar murah meriah karena di tempat ini terdapat tempat pelelangan ikan laut hasil dari penangkapan nelayan.

Lokasi Pantai Pamayangsari
Pantai Pamayangsari terdapat di Desa Sindangkerta Kecamatan Cipatujah
Arah: Dari pantai pangandaran dapat ditempuh dengan jarak 85km menyusuri pantai selatan ke arah barat. Jika dari Kota Tasikmalaya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan Umum jurusan Tasik-Pamayang, naik dari Terminal Tipe A Tasikmalaya.

Foto Pantai Pamayangsari
Pantai Payangsari

Pantai Payangsari Tasikmalaya
 
Itulah informasi lengkap untuk tempat wisata pantai di Tasikmalaya. Semoga informasi tempat wisata pantai Tasikmalaya ini bisa bermanfaat untuk anda yang ingin berwisata di daerah Tasikmalaya.
Tempat Wisata Pantai di Tasikmalaya Tempat Wisata Pantai di Tasikmalaya Reviewed by Unknown on 6:23 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.